PayPal Daftar PSE Dalam Waktu Dekat. Kabar Baik?

paypal daftar PSE

PayPal merupakan salah satu dari tujuh Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat di Indonesia yang kemarin sempat diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 30 Juli 2022. Silahkan baca artikel PayPal diblokir Kominfo?

Hal itu dikarenakan hingga artikel ini diterbitkan pada Rabu (3/8/2022) PayPal belum juga terdaftar PSE. Lihat platform terdaftar PSE disini.

Namun, dengan banyaknya protes dari masyarakat terkait dana pengguna yang tidak bisa dicairkan, Kominfo pun membuat kebijkan penghentian pemblokiran sementara selama 5 hari mulai dari Senin (1/8/2022) sampai dengan Jum’at (5/8/2022) pukul 23:59 WIB. Selengkapnya silahkan baca : Kominfo membuka blokir PayPal.

PayPal Daftar PSE

Dari informasi yang dikutip Kompas.com, sepertinya ada kabar baik terkait masalah ini. Pemblokiran PayPal bisa saja dinormalisasi sepenuhnya. Hal tersebut dikarenakan menurut Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, Kominfo saat ini sudah bisa berkomunikasi dengan PayPal terkait pendaftaran PSE.

Semuel menyatakan bahwa pihaknya telah menjalin komunikasi dengan PayPal via email. Dan ia memastikan bahwa perusahaan asal California tersebut akan mendaftarkan dirinya selaku PSE asing ke Kominfo.

“PayPal sudah ada korespondensi. Barusan kami menerima e-mail yang menyebutkan bahwa mereka akan segera (mendaftar). Ini menjadi prioritas mereka untuk melakukan penyelesaian pendaftaran,” kata pria yang akrab disapa Semmy itu di acara “Ruang Jernih Kompas” di Menara Kompas, Palmerah, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022) malam.

Semmy juga mengatakan, Kominfo turut berkoordinasi dengan lembaga keuangan terkait seperti OJK dan Bank Indonesia dalam pendaftaran PayPal.

“Selain mendaftar PSE, PayPal juga harus mematuhi semua persyaratan yang ada di sektor keuangan,” kata Semmy.

Sayangnya, saat ini Semmy sendiri belum bisa memastikan kapan proses pendaftaran PayPal akan rampung.

Ia hanya bisa mengatakan “Kita harus lihat dan tunggu. Kami sih maunya besok mereka sudah lakukan (pendaftaran)”.

Yang jelas saat ini PayPal bersama Kominfo sudah menjalin komunikasi terkait pendaftaran PSE ini. Dan hal tersebut dapat diartikan bahwa PayPal sudah mengetahui terhadap sanksi pemblokiran PSE dan mereka akan memenuhi kewajiban peraturan perundang-undangan Indonesia dengan mendaftarkan perusahaannya ke PSE Lingkup Privat.

Nantinya, apabila pendaftaran tersebut telah selesai. Pemblokiran PayPal akan dicabut. Dan platform pembayaran terpopuler ini bisa beroperasional secara normal di Indonesia.

Bila benar PayPal segera mendaftar, ini akan menjadi kabar baik bagi masyarakat Indonesia yang menggunakan PayPal untuk bertransaksi dari dan ke luar negeri. Termasuk para seller, buyer, freelancer, dan lain sebagainya.

Dan teman-teman yang ingin top up saldo PayPal masih bisa melalui PayPalpedia.com situs jual saldo PayPal terpercaya di Indonesia.

Mudah-mudahan saja ya. Kita berharap bahwa proses PayPal daftar PSE ini cepat selesai.

Steam, Dota, dan Counter Strike dalam proses daftar

Tidak hanya PayPal, Kominfo juga mengatakan bahwa Steam, Dota, dan Counter Strike saat ini sedang dalam proses pendaftaran.

“Kami sudah berhasil mengontak Steam, Dota, dan Counter Strike, ada korespondensi. Mereka mengatakan sedang memproses (pendaftaran PSE). Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini akan melengkapi dan dalam waktu dekat masyarakat bisa menggunakan kembali,” kata Semuel dalam konferensi pers, Minggu (31/7/2022).

Sementara untuk Epic games dan Origin. Kominfo belum berhasil mengontak kedua platform tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.