PayPal Dibuka Sementara Oleh Kominfo

paypal dibuka sementara

Kemarin, pada tanggal 30/7/2022, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) sempat memblokir PayPal. Berita selengkapnya bisa dibaca pada artikel sebelumnya PayPal diblokir Kominfo?.

Namun siang ini, Minggu (31/7/2022) PayPal dibuka sementara oleh Kominfo. Perusahaan fintek tersebut sudah bisa diakses kembali melalui IP Indonesia. Pasalnya, saat ini penangguhan PayPal dihentikan sementara karena banyak masyarakat yang protes karena tidak dapat mengakses uangnya.

Sayangnya, penghentian penangguhan PayPal ini hanya sementara dan berlangsung 5 hari saja mulai dari Senin (1/8/2022) sampai dengan jumat (5/8/2022) pukul 23:59 WIB mendatang.

Kominfo memblokir PayPal dikarenakan perusahaan asal California, Amerika Serikat itu tidak menyelesaikan proses pendaftaraan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) sesuai tenggat waktu yang diberikan Kominfo pada Jumat (29/7/2022) pukul 23:59 WIB.

Baca juga >> apa itu Paypal?

Sebelumnya, PayPal terlihat sudah terdaftar PSE asing pada Jumat (29/7/2022). Namun, menurut Kominfo pendaftaran tersebut ditolak karena perusahaan tersebut tidak mendaftarkan secara langsung, melainkan menunjuk pihak lain untuk mendaftarkan sehingga dianggap asal-asalan.

“Ada yang mendaftar, bukan orang yang sebenarnya. Kami lihat dokumennya juga tidak sesuai, makannya kami suspend (tangguhkan),” jelas Semuel. “Tidak kami proses pendaftarannya karena tidak bisa dibuktikan keabsahannya,” imbuhnya.

Kedepannya, kami belum bisa memastikan apakah PayPal dibuka sementara atau permanen. Pihak PayPal sendiri saat ini belum memenuhi pendaftaran PSE sesuai tenggat waktu yang diberikan. Tapi jangan khawatir. Apabila Kominfo tetap melakukan pemblokiran kepada PayPal, masih ada banyak cara untuk tetap bisa mengakses PayPal di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, saat ini PayPal tidak hanya sekedar layanan transfer uang saja. Tapi juga merupakan Payment gateway atau layanan pembayaran yang sangat populer di Dunia. Jadi apabila Kominfo meminta untuk masyarakat beralih ke layanan lain, kami rasa hal itu sangat sulit. Karena saat ini PayPal digunakan secara sebagian besar seller dan e-commerce internasional.

Kalaupun kita bermigrasi ke layanan lain, tetap saja kita akan kesulitan untuk belanja dan bertransaksi dari dan ke luar negeri. Karena di luar negeri sebagian besar masih menggunakan PayPal.

Tanggapan PayPal terkait Pemblokiran di Indonesia

Kami dari PayPalpedia.com situs Jual Saldo PayPal terpercaya berencana untuk mengetahui tanggapan dari pihak PayPal terkait masalah ini dengan mengontak Costumer Service via Livechat.

Menurut CS PayPal sendiri, pihaknya belum memiliki pernyataan resmi terkait pemerintah Indonesia yang menyatakan telah memblokir PayPal di Indonesia.

Mereka memastikan akan memonitor mengenai pendaftaran tersebut dan meyakini bahwa PayPal akan tetap bisa /digunakan di Indonesia.

Jadi jangan khawatir teman-teman. Saya percaya bahwa PayPal akan segera mendaftarkan dirinya ke PSE.

Update (3/8/2022): PayPal daftar PSE dalam waktu dekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.